Negara-Negara Dengan Pertumbuhan Penduduk Tertinggi

Sebelumnya kita mengetahui bahwa China adalah negara yang paling banyak penduduknya, negara "Tirai Bambu" ini penduduknya hampir mendekati angka 1,5 miliar jiwa, bayangkan betapa banyaknya penduduk negri yang terkenal dengan hewan pandamya ini. Negara kita Indonesia yang berpenduduk sekitar 250 juta jiwa sudah tergolong negara yang  banyak penduduknya, Indonesia berada di urutan keempat di bawah China, India dan Amerika Serikat sebagai negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia. 

Namun di masa mendatang, posisi China sebagai negara dengan penduduk terbanyak di dunia bisa saja tergeser, negara yang berpotensi menggeser China tentu saja adalah India. Dengan penduduk sekitar 1,3 miliar jiwa saat ini India berada di posisi kedua. Faktor apakah yang membuat India dapat menggeser posisi China sebagai negara dengan penduduk terbanyak? Yap! Ternyata angka pertumbuhan penduduk di India Lebih tinggi dibandingkan dengan China dalam 20 tahun terakhir ini. India berada di peringkat kelima dengan angka pertumbuhan penduduk sebesar 34%, sedangkan China berada di peringkat ke 13 dengan angka pertumbuhan sebesar 13%. Tentu saja jika angka di atas tetap stabil dengan selisih jumlah penduduk yang tidak terlalu jauh dengan China, India berpotensi menggantikan posisi China di peringkat pertama. Jika India berada di urutan kelima, lantas negara mana saja yang angka pertumbuhan penduduknya lebih tinggi dari India alias berada di posisi 4 Besar? Keempat negara tersebut adalah Nigeria, Arab Saudi, Mesir dan Pakistan. 

Angka pertumbuhan Nigeria sebesar 72% sehingga membuat negara dari Afrika ini berada di peringkat pertama sebagai negara dengan angka pertumbuhan penduduk Tertinggi di dunia. Lalu di urutan kedua ada Arab Saudi dengan angka pertumbuhan penduduk sebesar 69%. Selanjutnya ada Mesir yang berada di peringkat ketiga dengan angka pertumbuhan penduduk sebesar 55% dan Pakistan yang berada di urutan keempat dengan angka pertumbuhan penduduk sebesar 54%. Dengan tingginya angka pertumbuhan keempat Negara di atas maka negara-negara tersebut akan cepat pula memiliki jumpah penduduk yang banyak. 

Di urutan keberapa kah Indonesia dalam jajaran negara-negara dengan angka pertumbuhan penduduk Tertinggi tersebut? Ternyata Indonesia hanya satu tingkat di bawah India dengan berada di urutan keenam dengan angka pertumbuhan sebesar 31% sama dengan Afrika Selatan yang juga memiliki angka pertumbuhan sebesar 31%. Menyusul di bawah Indonesia dan Afrika Selatan ada Turki dengan angka pertumbuhan penduduk sebesar 29%, Meksiko 26%, Kanada 22%, Amerika Serikat 18%, Inggris 13%, China 12%, Perancis 11%, Korea Selatan 11% dan Italia 6%. Dan yang cukup menarik adalah angka pertumbuhan yang sangat kecil yang dimiliki oleh tiga Negara yaitu Jerman 1%, Jepang 0% dan Belanda juga dengan 0%.