5 Kabupaten Terluas di Jawa

Halo sobat Daftar, pada kesempatan kali ini kami akan menampilkan daftar 5 Kabupaten terluas yang ada di daratan Pulau Jawa. Dilihat dari judulnya tentu saja kita akan melihat kabupaten mana sajakah yang ada di pulau jawa yang memiliki wilayah yang luas. Nah untuk itu. Yuk kita langsung saja simak daftar 5 Kabupaten terluas di bawah ini :  

1. Kabupaten Banyuwangi (Jawa Timur) 
Kabupaten ini memiliki luas sekitar 5782,40 km2, jika dibandingkan luas wilayah kabupaten Banyuwangi kurang lebih seluas dengan daratan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). Kabupaten ini berbatasan dengan Jembrana (Selat Bali), Situbondo, Lumajang, Jember, Bondowoso dan Samudera Hindia. 

2. Kabupaten Sukabumi (Jawa Barat) 
Kabupaten ini memiliki luas sekitar 4145,70 km2 Kabupaten Sukabumi berbatasan dengan Bogor, Lebak, Cianjur dan Samudera Hindia. 

3. Kabupaten Malang (Jawa Timur) 
Kabupaten ini memiliki luas sekitar 3530,65 km2. Kabupayen Malang berbatasan dengan Kota Malang, Kota Batu, Pasuruan, Mojokerto, Probolinggo, Blitar, Kediri, Lumajang dan Samudera
Hindia. 

4. Kabupaten Cianjur (Jawa Barat) 
Kabupaten ini memiliki luas sekitar 3840,16 km2. Kabupaten ini berbatasan dengan Bogor, Sukabumi, Bandung, Garut, Karawang, Purwakarta, dan Samudera Hindia. 

5. Kabupaten Lebak (Banten) 
Kabupaten ini memiliki luas sekitar 3426,56 km2. Kabupaten Lebak berbatasan dengan Tangerang, Bogor, Samudera Hindia, Pandeglang, Sukabumi dan Serang. 

Jika melihat daftar di atas, tidak ada daerah dari Provinsi Jawa Tengah dan Yogyakarta yang berada di jajaran 5 besar Kabupaten Terluas di Pulau jawa, Jawa Timur dan Jawa Barat terlihat mendominasi dengan masing-masing menempatkan dua wakilnya. Sedangkan satu lagi diisi oleh kabupaten yang berasal dari Provinsi Banten.