Klub-Klub Tertua di Dunia



Pada saat ini tentu para penggemar sepakbola dunia lebih mengenal klub-klub seperti Real Madrid, Barcelona, Manchester United, Liverpool, Manchester City, Chelsea, Bayern Muenchen, PSG, Juventus, Milan dan Inter yang merupakan klub-klub populer dunia saat ini. Namun tahukah kita klub mana sajakah yang merupakan klub tertua di dunia? Nah ternyata klub-klub populer yang telah disebutkan di atas tidak ada yang masuk ke dalam golongan klub tertua di dunia. Sebagai intermezo dari sengitnya persaingan klub-klub papan atas tersebut ada baiknya kita juga mengenal beberapa klub yang tergolong sebagai klub tertua di dunia. Berikut ini adalah daftarnya : 

1. Sheffield FC - 1857
Klub yang berasal dari Sheffield, South Yorkshire, Inggris ini dinobatkan sebagai klub tertua di dunia oleh FA dan FIFA. Sheffield memainkan laga pertama mereka pada tahun1867 lawan Hallam.
Saat ini mereka bermain di Northern Premier League Division One South, selevel dengan kasta kedelapan Liga Inggris. Sheffield pernah mendapat kehormatan dari FIFA berupa Order of Merit. Nama mereka juga masuk dalam English Football Hall of Fame. 

2. Cambridge University AFC - 1857 
Klub ini didirikan pada 1857,
meskipun para pejabat di Universitas terkenal tersebut mengklaim bahwa klub ini didirikan tahun sebelumnya, yakni pada tahun 1856. Kandang mereka adalah Stadion Grange Road yang memiliki kapasitas hanya 1.000 kursi saja. 

3. Lima CFC, 1859
Nama Lima CFC mungkin sebuah kejutan bagi sebagian penggemar sepak bola. Namun, fakta menyebut kalau mereka merupakan klub ketiga tertua di dunia.
Lima CFC sendiri merupakan klub Peru yang dahulu sama seperti Hallam, yakni klub kriket. Tim yang berbasis di Kota Lima tersebut saat ini bermain di Liga Lokal Sanlsidro. Klub ini diduga didirikan oleh pendatang Inggris pada 1959. 

3. Hallam FC - 1860
Awalnya, Hallam merupakan klub kriket. Namun, lama kelamaan berevolusi menjadi klub sepak bola dan ikut berkompetisi di berbagai ajang amatir. Mereka pertama kali tampil di ajang sepak bola amatir pada tahun 1867. Saat ini, Hallam menggunakan stadion Sandygate sebagai kandangnya. Stadion Sandygate, tercatat dalam Guinness Book of Records sebagai stadion sepak bola tertua di dunia. 

4. Cray Wanderers FC - 1860
Satu lagi klub Inggris yang masuk ke dalam daftar klub tertua di dunia yaitu Cray Wanderers. Klub ini lahir pada 1860 dan menjadi penggagas liga-liga di Inggris. Wanderers sendiri perkembangannya cukup lambat. Mereka baru masuk kompetisi yang semi profesional pada tahun 1950. Saat ini, Isthmian League atau liga semipro di selatan Inggris. 

6. Notts County - 1862
Masyarakat sepak bola dunia saat ini mungkin agak asing mendengar klub Notts County FC. Namun, ternyata mereka menjadi salah satu klub tertua di dunia. Pada 1888, mereka jadi salah satu dari 12 yang ikut mendirikan Football League di Inggris. Prestasi terbaik Notts County adalah saat memenangi Piala FA 1894, setelah menjadi runner-up pada 1891.

7. Stoke City FC - 1863
Stoke City merupakan klub yang masih eksis di Liga Inggris. Mereka ternyata masuk ke dalam daftar klub tertua lantaran berdiri pada tahun1863. Awalnya, sama seperti yang lainnya, nama mereka adalah Stoke Ramblers FC. Mereka debut di Liga Inggris pada musim 2006-2007, dan bertahan hingga musim ini. 

Demikianlah postingan kami kali ini tentang daftar klub-klub yang tergolong sebagai klub tertua di dunia, sebagian nama klub-klub tertua tersebut memang asing di telinga kita, namun setidaknya klub-klub tersebut merupakan bagian sejarah perjalanan olahraga sepakbola yang kini telah menjelma menjadi cabang olahraga terpopuler di dunia.