Klub-Klub Sepakbola Terpopuler Dunia 2017, Persib ke 20!

Di pertengahan tahun 2017 yang lalu atau tepatnya di bulan Juli Global Digital Football Benchmarking telah merilis survei terbaru mengenai klub sepakbola terpopuler di media sosial. Nah, dari hasil survei (dari beberapa platform media sosial) di bulan Juli 2017 tersebut menunjukkan klub-klub asal Eropa masih mendominasi dalam soal jumlah pengikut di daftar 100 besar tersebut. Ada enam saluran media sosial yang menjadi tolok ukur, yaitu Facebook, Twitter, Instagram,
Periscope, YouTube, dan Google+.

FC Barcelona berhasil menduduki posisi puncak sebagai klub terpopuler di media sosial dengan jumlah komunitas digital mencapai 206.711.621 orang. Menyusul di urutan kedua adalah Real Madrid dengan jumlah pengikut keseluruhan di dunia maya mencapai 204.968.920.
Sebenarnya, hasil penelitian ini
menunjukkan saluran media sosial mana yang menjadi prioritas. Nampaknya, Facebook masih menjadi raja media sosial dan mayoritas klub mempunyai jumlah pengikut terbanyak di laman resmi Facebook mereka.
Barcelona, misalnya. Jumlah pengikut Facebook mereka
mencapai 102.660.473 orang.
Namun, lepas keseluruhan jumlah pengikut Barcelona mengungguli Real Madrid, Los Blancos masih jadi "juara" di Facebook dengan pengikut sebanyak 104.620.981. 

Dari daftar jumlah pengikut di
media sosial, ada beberapa hal
yang cukup menarik. Ada klub
Turki, yang liganya bukan merupakan liga top Eropa, yang masuk 20 besar, yaitu Galatasaray (peringkat 12) dan Fenerbache (peringkat 16). Bahkan, klub Liga Mesir, Al Ahly, juga punya pengikut di media sosial cukup banyak dengan total mencapai 16.862.565.
Bagi kita orang Indonesia, kita juga patut berbangga, karena ada salah satu klub di Indonesia yang masuk dalam daftar klub terpopuler. Klub itu adalah Persib Bandung yang masuk dalam daftar klub terpopuler di media sosial dunia di peringkat 20 dengan
jumlah komunitas digital mencapai 13.771.475. Bahkan, jumlah ini mengalahkan jumlah pengikut kub-klub tenar lainnya seperti Tottenham Hotspur, AS Roma, AS Monaco, FC Porto hingga Inter Milan.