Daftar Lembaga Survei Penyelenggara Quick Count Pilkada DKI Jakarta 2017

Pemilihan Kepala daerah atau pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta akan diselenggarakan pada tanggal 15 Februari 2017 ini, seperti biasa berbagai lembaga surveipun telah siap menyelenggarakan quick count atau hitung cepat pilkada DKI tersebut. Dari berbagai media diberitakan telah tercatat beberapa lembaga survei yang mendaftar untuk melaksanakan quick count ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) DKI. Dan berikut ini adalah lembaga-lembaga survei yang telah mendaftar untuk quick count per 6 Januari 2017 yang tertera dalam website resmi KPU DKI Jakarta :

1. Lingkaran Survei Indonesia
2. Jaringan Isu Publik
3. Lembaga Konsultan Politik Indonesia (LKPI)
4. PT Cyrus Nusantara
5. PT Indikator Politik Indonesia
6. Populi Center
7. PT Kompas Media Nusantara
8. Indonesian Consultant Mandiri (Charta Politika Indonesia)
9. Saiful Mujani Research & Consulting
10. PT Sun Televisi Network
11. Indo Barometer
12. Lembaga Riset Indonesia
13. PT Darta Media Indonesia (Kaskus)
14. PT Siber Abadi
15. Lembaga Survei Indonesia
16. PT Grup Riset Potensial
17. PT Intouch Innovate Indonesia
18. PT Pandawa Data utama
19. PT Kio 95/ Kelompok Diskusi dan Kajian Publik Indonesia (Kedai Kopi)
20. Centre for Strategic and International Studies (CSIS)
21. Yayasan Media Survei nasional.

Lembaga yang ingin melakukan penghitungan cepat hanya perlu melengkapi sejumlah berkas. Berkas yang dimaksud adalah akta pendirian/badan hukum lembaga, susunan kepengurusan lembaga, surat keterangan domisili dari kelurahan atau instansi pemerintahan setempat, sumber dana, metodologi sampling, dan tempat pelaksanaan penghitungan cepat.

Quick count atau sistem hitung cepat ini memang cukup populer sejak diberlakukannya pemilihan umum secara langsung baik itu pemilihan presiden (Pilpres), Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Bahkan meski bukan penghitungan resmi namun karena hasilnya yang seringkali tak jauh berbeda dengan penghitungan resmi KPU, maka hasil quick count atau hitung cepat ini hampir selalu ditunggu dan dicari oleh sebagian besar masyarakat.