Keutamaan Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan akan segera tiba, kita sebagai umat muslim diwajibkan selama sebulan penuh untuk melakukan ibadah shaum atau puasa. Selain kewajiban shaum di bulan Ramadhan, kita sebagai muslimpun perlu tahu keutamaan-keutamaan bulan Ramadhan agar kita dapat mengisi bulan suci tersebut dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat.
Nah berikut ini adalah Keutamaan-keutamaan bulan Ramadhan:

* Bulan Ramadhan adalah bulannya Allah SWT
Dari Aisyah Ra, Rasulullah bersabda: " Bulan Ramadhan adalah bulan Allah dan bulan Sya'ban adalah bulanku, sya'ban adalah kesucian dan Ramadhan adalah ampunan" (HR. Said bin Mansur).

* Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah
Abul Laits meriwayatkan dengan sanad dari Salman al Farisi, Rasulullah Saw bersabda: "Hai semua manusia, telah tiba kepadamu bulan yang besar dan berkah, bulan yang mengandung lailatul qadri yang lebih baik dari seribu bulan, bulan yang diwajibkan oleh Allah kepada hambanya supaya berpuasa dengan bangun malam hanya sunnat, maka siapa yang mengerjakan yang sunnat dalam bulan itu maka sama dengan mengerjakan yang fardhu di lain bulan. Dan siapa yang mengerjakan yang fardhu di bulan ini, bagaikan 70 fardhu di bulan yang lain. Dan ia bulan sabar, sedang sabar itu pahalanya adalah surga. Dan ia juga sebagai bulan bantuan dan pertolongan, dan bulan yang ditambahkan padanya rizqi orang mukmin, siapa yang memberi buka puasa kepada orang yang berpuasa mendapatkan pahala bagaikan memerdekakan budak dan menjadi pengampunan bagi dosa-dosanya."
Sahabat berkata: "Ya Rasulullah, tidak semua orang mempunyai makanan untuk memberi buka kepada orang yang berpuasa"
Rasulullah menjawab: "Allah memberi pahala itu bagi orang yang memberi buka puasa walau seteguk susu, sebiji kurma atau segelas air, dan siapa yang mengenyangkan orang yang berpuasa, maka ia diampunkan dosa-dosanya dan diberinya minum dari telagaku minuman yang tidak akan haus sehingga masuk surga, dan ia mendapat pahalanya orang yang puasa tanpa mengurangi pahalanya sendiri sedikitpun. Dan ini adalah bulan permulaanya rahmat dan pertengahannya pengampunan dan akhir kebebasan dari neraka. Dan siapa yang meringankan terhadap budaknya (buruhnya) maka Allah akan memerdekakan dari api neraka".

* Bulan dibukanya pintu surga, ditutupnya pintu neraka, dan dibelenggunya setan
Dari Abu Hurairah Ra, Rasulullah Saw bersabda: "Sungguh telah datang kepadamu bulan yang penuh berkah dimana Allah mewajibkankan kamu berpuasa, disaat dibuka pintu-pintu surga, ditutup pintu-pintu neraka dan dibelenggu setan-setan dan dimana dijumpai suatu malam yang nilainya lebih berharga dari seribu malam, maka barangsiapa yang tidak berhasil beroleh kebaikannya, sungguh tiadalah ia akan mendapatkan buat selama-lamanya". (HR. Ahmad, Nasa'i dan Baihaqi).

* Bulan yang penuh pengampunan.
Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah Saw bersabda: "Barangsiapa berpuasa pada bulan Ramadhan karena iman dan berharap keridhoan Allah SWT, akan diampuni dosa-dosanya yang tetdahulu". (HR. Ahmad dan Ash-Habus Sunan)

Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah bersabda: "Sholat yang lima waktu, Jum'at ke Jum'at dan Ramadhan ke Ramadhan berikutnya menghapuskan kesalahan-kesalahan yang terdapat diantara masing-masing selama kesalahan besar dijauhi". (HR. Muslim).