Makanan Pencegah Flu di Musim Hujan

Halo sobat pembaca, di musim hujan ini, tubuh kita cukup rentan terkena berbagai macam penyakit seperti flu, pilek dan batuk, nah tentu saja sebisa mungkin kita berusaha untuk mencegahnya, salah satu yang bisa kita lakukan adalah dalam memilih berbagai jenis makanan. Ada beberapa jenis makanan yang menurut para pakar dapat mencegah penyakit flu, berikut ini adalah daftarnya:

1. Sup Ayam
Menurut penelitian di Jerman, sup ayam memiliki senyawa yang disebut carsonine, senyawa tersebut membantu melawan infeksi, meredakan gejala pernafasan, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Teh dengan lemon
Penelitian menunjukan dengan meminum teh dan beberapa irisan lemon dapat mencegah flu.

3. Bunga Kol
Sayuran ini penuh dengan senyawa yang disebut glutathione yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meregenerasi sel. Glutathione merupakan zat yang memburu virus dan bakteri lalu membunuhnya.

4. Cabai Rawit
Cabai rawit mengandung capsaicin yang melawan virus flu.

5. Salmon
Dengan makan salmon, tubuh mendapatkan peningkatan kekebalan sistem imun yang didapat dari omega-3, protein dan kalsium. Disarankan untuk makan salmon dua sampai tiga kali dalam seminggu selama musim flu.

6. Tiram
Mengkonsumsi tiram adalah hal yang baik untuk melawan virus flu, kerang-kerangan mempunyai kadar zinc yang tinggi dan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu proses penyembuhan.

7. Yogurt
Hasil penelitian dari Journal of family Korea Medicine menemukan bahwa probiotik yang terkandung dalam yogurt dapat membantu mencegah flu dan pilek.

8. Nanas
Menurut penelitian yang dilakukan Phillipine Women's University School of Nutrition, memakan satu atau dua potong nanas sehari selama dua bulan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Nanas mengandung nutrisi yang meningkatkan produksi granusolit dalam tubuh, Granusolit merupakan jenis darah putih yang berfungsi untuk melawan bakteri yang masuk ke dalam tubuh.