Tokoh-Tokoh Indonesia Yang Dijadikan Nama Jalan Di Luar Negeri

Halo sobat, kali ini kita akan tampilkan tentang daftar tokoh-tokoh Indonesia yang namanya diabadikan menjadi nama sebuah jalan di luar negeri, kalau nama jalan yang di dalam negeri tentu sudah tak aneh lagi karena memang sudah banyak digunakan. Belanda tentu saja menjadi negara di luar Indonesia yang paling banyak menggunakan nama tokoh Indonesia untuk nama jalannya karena faktor historis tentunya.

Oke deh, berikut ini adalah daftar selengkapnya daftar nama tokoh Indonesia yang namanya digunakan sebagai nama jalan di luar negeri :

1. Sukarno
Nama soekarno dijadikan nama jalan di Kota Rabat, Maroki yang diresmikan pada 2 Mei 1960 dengan nama RueSoukarno. Nama Presiden pertama Indonesia ini diabadikan menjadi nama jalan di Kota Rabat sebagai tanda penghargaan pada Sukarno yang telah berperan dalam memberikan izin kitab karya Ulama Maroko untuk dijadikan sebagai bahan ajaran wajib di berbagai pesantren di Indonesia.

Selain di Rabat Maroko, nama Sukarnopun diabadikan menjadi nama jalan di Mesir dengan nama Ahmed Soekarno ST, di daerah Kit Kat Agouza Geiza. Pemberian nama Ahmed adalah dari nama mahasiswa Indonesia yang ada di Mesir, agar meyakinkan rakyat mesir bahwa Soekarno adalah pemeluk agama Islam.

2. Kartini
Nama Kartini diabadikan sebagai nama jalan di Kota Amsterdam dan Utrecht Belanda dengan nama R.A Kartinistraat, pemerintah Belanda sangat terkesan dengan sosok wanita yang dikenal sebagai tokoh emansipasi di Indonesia.

3. Muhammad Hatta
Nama bung Hatta yang merupakan wakil presiden pertama Indonesia diabadikan sebagai nama jalan di Kota Harlem, Belanda
Di sana terdapat papan nama jalan yang bertuliskan Muhammed HattaStraat.
Walikota RH Claudius yang meresmikan dan mengabadikan nama Hatta tersebut.

4. Soetan Sjahrir
Nama Perdana Menteri pertama Indonesia ini dijadikan nama jalan di Kota Leiden, Belanda dengan nama SjahrirStaat.
Selain di Kota Leiden, Soetan Sjahrir yang merupakan salah satu tokoh pergerakan kemerdekaan Indonesia ini, namanya juga diabadikan di sebuah Kota kecil Gouda dengan nama Sjahrirsingel.

5. Munir Said Thalid
Tokoh pejuang Hak Asasi Manusia ini diabadikan namanya menjadi nama jalan di Kota Den Haaq, Belanda dengan nama MunirStraat
Munir Meninggal pada tanggal 7 September 2004 saat dalam perjalanan menuju Amsterdam.