Negara-Negara Yang Berbatasan Dengan Indonesia

Indonesia adalah negara yang luas, terutama lautnya maka tak heran jika Indonesia berbatasan langsung dengan banyak negara, ada 10 negara yang yang berbatasan laut dengan Indonesia, tiga di antaranya juga berbatasan wilayah daratnya yaitu Malaysia, Timor Leste dan Papuanugini.

Berikut ini adalah daftar 10 Negara yang berbatasan dengan wilayah Indonesia :

1. India
Perbatasan laut kedua negara terletak antara pulau Rondo di Aceh dan pulau Nicobar di India. Batas maritim dengan landas kontinen yang terletak pada titik-titik koordinat tertentu di kawasan perairan Samudera Hindia dan Laut Andaman, sudah disepakati oleh kedua negara meskipun kadang dilanggar oleh nelayan kedua negara.

2. Thailand
Indonesia dan Thailand sudah memiliki perjanjian Landas Kontinen yang terletak di dua titik koordinat tertentu di kawasan perairan Selat Malaka bagian utara dan Laut Andaman.

3. Republik Palau
Sampai saat ini Indonesia dan Palau belum sepakat mengenal batas perairan ZEE Palau dengan ZEE Indonesia yang terletak di utara Papua. Akibatnya sering timbul perbedaan pendapat tentang pelanggaran wilayah yang dilakukan oleh para nelayan kedua belah pihak.

4. Timor Leste
Berbatasan darat dengan Indonesia, tepatnya dengan Provinsi NTT, Saat ini sejumlah masyarakat Timor Leste yang berada diperbatasan masih menggunakan mata uang rupiah, bahasa Indonesia, serta berinteraksi secara sosial dan budaya dengan masyarakat Indonesia. Persamaan budaya dan ikatan kekeluargaan antar warga desa yang terdapat di kedua sisi perbatasan, dapat menyebabkan klaim terhadap hak-hak tradisional, dan dapat berkembang menjadi masalah yang lebih kompleks lagi jika tidak segera diantisipasi oleh pemerintah kedua negara.

5. Singapura
Negara ini Berbatasan laut dengan Indonesia atau tepatnya dengan Provinsi Riau dan Kepri. Permasalahan terjadi saat singapura melakukan penambangan pasir laut di perairan sekitar Kepulauan Riau yakni wilayah yang berbatasan langsung dengan Singapura dan telah berlangsung sejak tahun 1970. Kegiatan tersebut telah mengeruk jutaan ton pasir setiap hari dan mengakibatkan kerusakan ekosistem pesisir pantai yang cukup parah. Selain itu mata pencaharian nelayan yang semula menyandarkan hidupnya di laut, terganggu akibat penambangan pasir laut tersebut.

6. Malaysia
Konflik perbatasan Indonesia-Malaysia paling sering terjadi, ini karena penentuan batas maritim kedua negara di beberapa bagian wilayah perairan Selat Malaka masih belum disepakati oleh keduanya. Demikian pula dengan perbatasan darat di Kalimantan yakni antara Sabah, serawak (Malaysia) dan Kalbar serta Kaltara (Indonesia), beberapa titik batas belum tuntas disepakati oleh kedua belah pihak.

7. Filipina
Batas maritim antara Indonesia dengan Filipina yang terletak di perairan utara dan selatan Pulau Miangas memang belum ada kesepakatan, hal ini menjadi salah satu isu yang harus dicermati. Forum RI-Filipina yakni Joint Border Committee (JBC) dan Joint Commission for Bilateral Cooperation (JCBC) yang memiliki agenda sidang secara berkala, dapat dioptimalkan menjembatani permasalahan perbatasan kedua negara secara bilateral.

8. Australia
Perjanjian perbatasan RI-Australia yang meliputi perjanjian batas landas kontinen dan batas Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) mengacu pada Perjanjian RI-Australia yang ditandatangani pada tanggal 14 Maret 1997. Penentuan batas yang baru RI-Australia, di sekitar wilayah Celah Timor perlu dibicarakan secara trilateral bersama Timor Leste.

9. Papua Nugini
Negara ini berbatasan darat dan laut dengan Indonesia atau tepatnya dengan Provinsi Papua, kedua negara telah menyepakati batas-batas wilayah darat dan maritim. Namun masih ada beberapa kendala kultur yang dapat menyebabkan timbulnya salah pengertian. Persamaan budaya dan ikatan kekeluargaan antar penduduk yang terdapat di kedua sisi perbatasan, menyebabkan klaim terhadap hak-hak tradisional dapat berkembang menjadi masalah kompleks di kemudian hari.

10. Vietnam
Perbatasan kedua negara terletak antara Pulau Sekatung di Kepulauan Natuna dan Pulau Condore di Vietnam yang berjarak tidak lebih dari 245 mil, memiliki kontur landas kontinen tanpa batas benua, masih menimbulkan perbedaan pemahaman di antara ke dua negara. Pada saat ini kedua belah pihak sedang melanjutkan perundingan guna menentukan batas landas kontinen di kawasan tersebut.