Istilah Kata Dalam Bahasa Komputer

Berikut ini adalah daftar kata dalam bahasa komputer dengan arti dan fungsinya :

* ALFANUMERIK: gabungan karakter huruf alfabet, angka serta tanda-tanda lainnya yang tidak dapat diolah secara ilmu hitung.

* ALGORITMA: suatu urutan bertahap dan spesifik dari suatu solusi, yang merupakan kerangka urutan kerja komputer.

* ABSOLUTE ADDRESS: lokasi yang tepat bagi sekelompok data di daerah/tempat penyimpanan (storage). Di lokasi tersebut data dapat dikontrol atau diterjemahkan secara langsung dengan menggunakan code atau simbol yang mengidentifikasikan daerah tersebut.

* ACCESS TIME : waktu yang dibutuhkan oleh sekelompok data urutan dapat dikirim atau diterima dari unit penyimpanan.

* ADDRESS: sebuah kode atau simbol yang menyatakan daerah memori komputer setiap data yang diproses didalam sebuah komputer harus diidentifikasikan oleh sebuah "address".

* ASSEMBLY PROGRAM: program yang mengalihkan suatu program yang ditulis dalam bentuk simbolik ke dalam suatu program dengan bahasa mesin yang mempunyai urutan intruksi yang sama dan konstanta-konstanta yang sama dengan program sumber (source sumber).

* BAHASA ASSEMBLER : bahasa yang menggunakan simbol-simbol yang dapat dikenal dengan lebih mudah baik data atau intruksi.

* BAHASA KOMPUTER : disebut juga dengan bahasa program, yaitu suatu sarana komunikasi lewat tulisan antara manusia dan komputer.

* BAHASA COMPILER : bahasa yang jika digunakan hanya memberi satu instruksi bahasa program ( one program languages instruction) yang dikenal sebagai instruksi makro (macro intruction).

* BIT : bit adalah sebuah bilangan yang terkecil dari satu unit yang membentuk karakter, juga dapat dikatakan sebagai unit informasi yang terkecil. 1 bit adalah cukup untuk membedakan ya atau tidak, atas atau bawah dalam singkatan lawan kata.

* BUG : suatu kesalahan dalam pemakaian instruksi dalam sebuah program.

* BUFFER: komponen sistem yang memungkinkan perubahan kecepatan tegangan atau karakteristik "interface".

* BUS: sebuah rangkaian sirkuit yang digunakan untuk menghubungi perlengkapan tambahan yang besar dalam memindahkan data atau arus listrik.

* CHIP: sebuah IC yang dibentuk sangat kecil dan dibuat dari bahan silikon.

Sampai disini dulu ya postingan kita tentang berbagai istilah dalam bahasa komputer, kita lanjutkan pada postingan berikutnya dalam istilah kata dalam bahasa komputer bagian kedua.