Istilah Kata Dalam Bahasa Komputer II

Ini adalah lanjutan dari postingan pertama mengenai daftar istilah kata dalam bahasa komputer. Yuk kita simak lagi mengenai istilah kata dalam bahasa komputer bagian kedua ini :

* COMPUTER: sebuah alat yang melaksanakan pekerjaan-pekerjaan science secara cermat dan logis dengan kecepatan tinggi dalam memecahkan masalah-masalah tanpa petunjuk manusia, bekerja atas dasar instruksi logic yang terdapat dalam memory.

* COMPILER PROGRAM : suatu program dalam bahasa mesin yang dapat memperluas dan menterjemahkan instruksi-intruksi program aslinya, dari bentuk bahasa compiler sedemikian rupa hingga komputer secara langsung dapat mengerti dan mematuhinya.

* CELL : sebuah tempat penyimpanan untuk satu unit informasi, biasanya satu karakter atau satu huruf.

* CHARACTER RECOGNITION : analisa otomatis dan identifikasi karakter yang masuk ke dalam sebuah komputer.

* CHARACTER SET : satu set simbol-simbol tertentu yang telah dirancang oleh mesin atau bahasa untuk menterjemahkan atau mengartikan informasi.

* DIAGNOSTIC : sebuah alat atau programma yang dengan cepat dapat mencari kesalahan atau kekeliruan dalam perangkat keras atau perangkat lunak.

* DISK : sebuah piringan tipis dari bahan yang bersifat magnetik yang mampu menyimpan informasi dalam jumlah besar.

* DRUM STORAGE : sebuah alat perekam magnetik untuk penyimpanan data berbentuk silinder yang berputar.

* END : suatu pernyataan untuk mengakhiri kerja komputer.

* EXECUTION : pelaksanaan perintah/ instruksi.

* EXPRESION : suatu ungkapan aritmatik berupa kombinasi variabel dan operator.

* EXPRESI LOGIS : gabungan dua ekspresi aritmatik atau dua variabel yang dipisahkan dengan operator relasi ( relation operator).

* FLOPPY DISK : sebuah alat penyimpanan data yang terbuat dari piringan magnetik dengan ukuran piringan hitam berukuran 45 rpm. Pada umumnya floppy disk berukuran 5 1/4 inches.

* FORMAT : mempersiapkan tempat yang spesifik untuk data pada sebuah dokumen atau di dalam sebuah file.

* GENERATE : menciptakan sebuah program komputer dengan memilih dari berbagai subroutine dan mengkombinasikannya di bawah kontrol pengarahan dari program lain.

Cukup sekian dulu ya, nanti akan kita coba teruskan pada postingan berikutnya mengenai istilah kata dalam komputer bagian ketiga.