Daftar Makanan Tradisional Di Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta adalah sebuah Provinsi di Indonesia yang terkenal dengan industri pariwisatanya, selain itu ibukotanya Yogyakarta dikenal juga sebagai kota pelajar. Kekayaan budaya di provinsi ini juga sangat banyak. Tapi selain hal-hal di atas, Yogyakarta juga memiliki banyak ragam makanan tradisional, diantaranya yang cukup populer adalah Gudeg Yogya, nah untuk lebih lengkapnya tentang makanan tradisional apa saja yang ada di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta ini, mari kita lihat daftar di bawah ini :


-> YOGYAKARTA
Alen alen, Ampyang, Ayam Bacem, Bakmi Godog, Bakmi Jawa, Bakmoy, Bakpia, Bebek Kremes. Bebek Suwar-Suwir, Beer Djawa, Bunthil, Cabuk Rambak, Carang Gesing, Cemplon, Cenil, Dendeng Age, Enting-enting, Gado-Gado, Gaplek, Gathot, Geblek, Geplak, Getuk, Growol, Gudangan, Gudeg Nangka, Gudeg Manggar, Jadah Bacem, Jadah Manten, Jamu Beras Kencur, Jamu Kunir Asem, Jenang Gronthol, Jenang Rumput laut, Jenang Sungsum, Juwawut, Kipo, Klepon, kopi Jos arang, Legomoro, Lempeng, Legendar, Lempeng Telo, Lontong Kikil, Lumpia Trubus. Mangut Lele, Mata Kebo, Mega Mendung, Mendut, Mi Tektek, Nasi Goreng Magelang, Nasi Kucing, Nasi Pecel, Nasi Wiwit, Ndog Gludug, Onde-onde, Ongol-ongol, Opor Ayam, Opor Telur, Pecel, Peyek Bayem, Peyek Dele, Peyek Jingking, Peyek Kacang, Rengginang, Roti Jok, Rujak Degan, Sagon Kota Gede, Sambal Goreng Krecek Kacang Tolo, Sambel Goreng Krecek, Sate Klathak, Sate Kocor, Sate Manis, Sate Winong, Sego Abang, Selat, Semar Mesem, Srabi Kocor, Tempe Benguk, Tempe Gembus. Tempe Koro, Timus, Thiwul, Tongseng, Trancam, Trasikan, Tumpeng, Urap, Wajik, Wedang Ronde, Wedang Secang, Wedang Uwuh, Yangko.

-> BANTUL
Geplak

-> SLEMAN
Jadah Tempe

-> GUNUNG KIDUL
Gaplek

-> KULONPROGO
Growol.

Nah bagi para wisatawan atau para pelancong yang datang ke Yogyakarta, tidak ada salahnya untuk menikmati berbagai macam makanan tradisional yang ada di daerah ini, dengan mencintai makanan tradisional setidaknya dapat menahan serbuan kuliner asing yang makin membanjiri pasar makanan di Indonesia.