10 Negara Penghasil Timah Terbesar

Sebelum ke tema utama yaitu daftar 10 Negara Penghasil timah terbesar di dunia, ada baiknya kita mengenal manfaat dan kegunaan timah walau cuma sekilas hehe..
Banyak sekali loh Kegunaan dan manfaat dari timah itu, terutama untuk bahan baku logam pelapis, solder, cendera mata, Dan hal-hal yang lainnya. Timah dapat dipoles sangat licin dan digunakan untuk menyelimuti logam lain untuk mencegah korosi dan aksi kimia. Lapisan tipis timah pada baja digunakan untuk membuat makanan tahan lama. Campuran logam timah juga sangatlah penting. Solder lunak, perunggu, logam babbit, logam bel, logam putih, campuran logam bentukan dan perunggu fosfor adalah beberapa campuran logam yang mengandung timah. Garam timah yang disemprotkan pada gelas digunakan untuk membuat lapisan konduktor listrik. Aplikasi ini telah dipakai untuk kaca mobil yang tahan beku. Kebanyakan kaca jendela sekarang ini dibuat dengan mengapungkan gelas cair di dalam timah cair untuk membentuk permukaan datar (proses Pilkington). Belum lama ini, campuran logam kristal timah-niobium menjadi superkonduktor pada suhu sangat rendah, menjadikannya sebagai bahan konstruksi magnet superkonduktif yang menjanjikan. Magnet yang terbuat oleh kawat timah-niobium memiliki berat hanya beberapa kilogram tetapi dengan baterai yang kecil dapat memproduksi medan magnet hampir sama dengan kekuatan 100 ton elektromagnet yang dijalankan dengan sumber listrik yang besar. Nah itulah sepintas tentang manfaat dan kegunaan timah, sekarang kita menuju pada tema utama yaitu tentang Negara-Negara penghasil timah terbesar, ternyata untuk penghasil timah ini dikuasai oleh Negara-negara yang berada di kawasan Asia Tenggara. Setidaknya ada 4 Negara yang ada di list 10 besar , yaitu Indonesia yang berada di peringkat pertama, disusul Malaysia di urutan kedua, Thailand di posisi keempat dan Laos yang berada di tempat kesembilan. Berikut ini daftar selengkapnya 10 Negara Penghasil Timah Terbesar di dunia :

1. Indonesia : 300.000 ton
2. Malaysia : 200.000 ton
3. Bolivia : 200.000 ton
4. Thailand : 200.000 ton
5. Zambia : 197.023 ton
6. Meksiko : 180.500 ton
7. Zimbabwe : 150.000 ton
8. RRC : 120.000 ton
9. Laos : 98.430 ton
10. Zaire : 98.000 ton.

Data tahun 2012.

Itulah daftar 10 Negara penghasil Timah terbesar di dunia pada postingan kita kali ini, semoga bisa menambah wawasan bagi para pembaca.