10 Negara Penghasil Emas terbesar Di Dunia

Emas adalah barang yang sangat berharga di dunia ini, maka tak heran jika emas sangat diburu oleh berbagai kalangan baik perorangan, kelompok perusahaan bahkan negara. Ada beberapa negara yang alamnya banyak mengandung emas, sehingga membuat negara-negara tersebut dikenal dengan negara penghasil emas. Berikut ini adalah daftar 10 negara penghasil emas ter besar di dunia:

1. China
Negara dari Asia Timur ini rata-rata memproduksi emas mencapai 360 ton/tahun dengan mengandalkan lima Provinsi penyumbang emas terbesar buat China yaitu Shandong, Henan, Jiang Xi, Fujian dan Mongolia. China pun berhak menyandang sebagai negara penghasi emas terbesar di dunia.

2. Australia
Negara yang berada di sebelah Selatan Indonesia ini rata-rata produksi emasnya 270 ton/tahun. Daerah- daerah penghasil emas terbesarnya adalah Australia Barat, New South Wales dan Australia Selatan. Sedangkan cadangan emas terbesarnya ada di Super Pit, Kalgoorlie, Teffer, Agnew, Sunrise dan Dam Boddington.

3. Amerika Serikat
Negara Paman Sam ini rata-rata produksi emasnya mencapai 237 ton/tahun. Sebagian besar emas dihasilkan di wilayah Gurun Pasir Montana dan Nevada.

4. Rusia
Negara yang terletak di Eropa Timur ini rata-rata produksi emasnya mencapai 200 ton/tahun, dengan cadangan emas mencapai 7.200 ton. Pertambangan emas terkonsentrasi di Chutka, Voro, Khabarovsk dan Olympiada.

5. Afrika Selatan
Negara yang terletak di Afrika bagian selatan ini rata-rata produksi emasnya mencapai 190 ton/tahun, sedangkan cadangan emasnya mencapai 49.000 ton. Daerah tambang emas utamanya terdapat di Witwatersrand Basin Archaen.

6. Peru
Negara yang berada di Amerika Selatan ini rata-rata produksi emasnya mencapai 150 ton/tahun, daerah-daerah penyumbang terbesarnya adalah Para Lagunas Norte, Cajamarca, La Libertad, Arequiqa dan Apurimac.

7. Kanada
Negara asal Amerika Utara ini rata-rata produksi emasnya mencapai 110 ton/tahun, dan daerah penyumbang emas terbesarnya adalah Tambang emas Red Lake yang terletak di Ontario.

8. Ghana
Produksi emas rata-rata negara Afrika ini mencapai 100 ton/tahun.

9. Indonesia
Negara tercinta kita ini juga masuk dalam jajaran negara penghasil emas terbesar di dunia, rata-rata produksi emas Indonesia mencapai 100 ton/tahun, pertambangan emas utamanya adalah Tambang emas Papua di Grasberg, Batu Hijau, Bukit Tujuh, Ertsberg.

10. Uzbekistan
Negara pecahan Uni Soviet ini rata-rata produksi emasnya mencapai 90 ton/tahun, dengan perkiraan cadangan emas mencapai 2.100 ton.