Nama-Nama Jenis Kapal

Hallo sobat, kali ini kita akan posting tentang daftar nama-nama jenis kapal, kendaraan air ini memang banyak macam dan fungsinya, yuk kita lihat daftarnya:

1. Kapal Perang
Sesuai dengan namanya Kapal ini digunakan untuk berperang atau bertempur, laju biasanya lebih cepat dari kapal dagang biasa. Bawaan utamanya adalah persenjataan, amunisi dan pasokan buat para awak kapal.

2. Kapal Selam
Kapal jenis ini mampu beroperasi dibawah permukaan air, kapal selam pun banyak ragamnya. Ada yang kecil, besar, pendek dan panjang.

3. Kapal Serbu Amfibi atau Lanfing Craft Tank
Kapal ini berfungsi sebagai alat pendarat untuk tank-tank amfibi.

4. Kapal Layar
Kapal layar adalah kapal yang mengandalkan tenaga angin, dengan tiang-tiang yang tinggi menjulang disertai layar yang terbentang.

5. Kapal Kargo atau Kapal Barang
Kapal jenis ini berfungsi untuk membawa barang atau kargo dari satu pelabuhan ke pelabuhan lainnya. Kapal ini dilengkapi crane dan mekanisme lainnya untuk bongkar muat. Kapal kargo tentu saja populer dalam perdagangan internasional karena fungsinya tersebut.

6. Kapal Tunda
Kapal ini adalah kapal laut pertama yang menerima propulsi uap, bebas dari pembatasan angin dan kemampuan pergi ke segala arah. Kapal ini dulu menggunakan roda dayung namun kemudian diganti dengan baling-baling driven. Kapal tunda dapat diperbantukan di Pelabuhan untuk membantu kapal lainnya di docking dan keberangkatan.

7. Kapal Nelayan
Kapal atau perahu yang biasa digunakan untuk menangkap ikan di laut, sungai atau danau. Kapal ini bersifat merakyat, komersil dan rekreasi.

8. Kapal Keruk
Kapal yang bertugas dalam penggalian dan pengerukan bawah air, laut dangkal atau daerah air tawar. Pengerukan dapat menghasilkan bahan untuk reklamasi atau tujuan lainnya.

9. Kapal Penelitian
Kapal ini dirancang dan dilengkapi peralatan untuk melakukan penelitian di laut.

10. Kapal Maritim Drillship
Kapal ini dilengkapi dengan alat pengeboran yang bertujuan untuk eksplorasi pengeboran minyak baru atau sumur gas di perairan dalam atau untuk pengeboran ilmiah.

11. Kapal Derek
Kapal ini khusus mengangkat beban berat, dan untuk menderek sesuai dengan namanya. Kapal derek terbesar biasanya digunakan untuk kontruksi lepas pantai.

12. Kapal Kabel
Kapal laut ini dirancang dan digunakan untuk memasang kabel bawah air untuk Telekomunikasi, listrik dan lain-lain.

13. Kapal Tunda (Tug)
Kapal ini berfungsi sebagai kapal penyelamatan. Awalnya kapal ini menggunakan mesin uap, namun sekarang telah menggunakan mesin diesel.

14. Kapal Pemadam Kebakaran
Bukan hanya di darat yang memiliki mobil pemadam kebakaran, namun di lautpun ada Kapal Pemadam Kebakaran.

15. Kapal Selam Dukung
Kapal selam ini berfungsi untuk mendukung proyek-proyek menyelam profesional.

16. Kapal Angkat Berat
Kapal ini dirancang untuk memindahkan beban yang tidak mampu ditangani oleh kapal-kapal biasa.

17. Kapal Hopper Tongkang
Kapal ini adalah jenis non-mekanik atau kapal yang tidak bisa bergerak sendiri, dirancang untuk membawa bahan-bahan seperti batu, pasir, tanah dan sampah yang kemudian dibuang ke laut, danau atau sungai untuk reklamasi tanah.

18. Kapal Tongkang
Ini adalah jenis kapal/perahu yang digunakan untuk transportasi sungai dan kanal. Beberapa tongkang ada yang tidak bergerak sendiri tapi ditarik oleh kapal tunda atau didorong oleh towboats.

19. Kapal Kargo Curah (Bulk Carrier
Kapal ini adalah kapal dagang yang dirancang khusus untuk mengangkut kargo curah unpackaged, seperti biji-bijian, semen dan batu bara.

20. Kapal Kargo Kontainer
Kapal yang mengangkut semua beban dalam truk ukuran kontainer intermoda yang berfungsi mempermudah, dan mempercepat proses bongkar muat, biasanya dalam waktu 4-6 jam saja kapal sudah siap untuk berlayar kembali.

21. Kapal Pesiar
Kapal ini digunakan untuk kapal penumpang yang berlayar untuk kesenangan atau hiburan, di mana perjalanan kapal dan fasilitasnya itu adalah sebuah pengalaman. Penjelajahan sudah menjadi bagian utama dari industri pariwisata.

22. Kapal Feri
Kapal ini digunakan untuk mengangkut penumpang, barang dan kendaraan. Ukuran kapal feripun bermacam-macam ada yang besar dan adapula yang kecil. Untuk ukuran kecil biasanya digunakan untuk rute jarak dekat.

23. Kapal Pembawa Mobil (Roll-on/Roll-of atau RoRo)
Kapal ini dirancang untuk membawa kargo roda seperti mobil, truk atau trailer. Kapal RoRo memiliki built-in landai yang memungkinkan kargo secara efisien "berguling di" dan "berguling dari" kapal saat berada di Pelabuhan.

24. Kapal Tanker
Kapal ini dirancang untuk mengangkut cairan dalam jumlah besar. Jenisnya macam-macam, ada kapal tanker minyak, kapal tanker kimia dan kapal tanker pembawa gas alam cair. Semakin berbahaya muatan kapal maka semakin canggih pula sistem desain kapal tersebut, hal ini demi keselamatan para awak kapal.

Demikianlah postingan kita kali ini tentang nama-nama jenis kapal sang penakluk lautan, semoga bisa menambah wawasan.