10 Negara Dengan Suporter Terbanyak Dan Terfanatik Di Dunia

Sepakbola tanpa ada suporter tentu menjadi hambar, Ya peran suporter dalam dunia sepakbola sangatlah penting, karena dapat memotivasi para pemain di lapangan menjadi lebih bersemangat.
Tingkat fanatìsme suporter dapat terukur dari rata-rata penuhnya stadion saat mendukung tim kesayangannya berlaga, Fanatisme suporter di Eropa cenderung lebh sportif di bandingkan dengan Indonesia dan Amerika latin, meskì sekali-kali pernah juga terjadi kerusuhan. Sementara fanatisme di Indonesia cenderung fanatik buta hingga mengarah pada anarkìsme, apalagi jika mempertemukan dua klub seteru, walaupun ada juga beberapa kelompok suporter yang mulai membangun kreatifisme daripada anarkisme. Padahal Indonesia merupakan salah satu negara dengan basis suporter terbanyak, bayangkan jika suporter-suporter di Indonesia bersatu, sekarang aja stadion hampir selalu penuh jika timnas bertanding.
Di Inggris ada dua basis Suporter terbesar, yaitu Liverpool dan Manchester United, meskipun rivalitas mereka sangat panas, namun sampai saat ini mereka masih bisa menjaga sportifitas.

Sepakbola memang olahraga terpopuler selain melahirkan pemain-pemain berkelas dunia juga melahìrkan suporter-suporter fanatik diberbagai negara, nah negara mana saja kah yang masuk 10 besar sebagai negara dengan suporter sepakbola terfanatik di dunia ? Hmm..., ternyata untuk hal ini Indonesia berada di Peringkat ketiga dengan kepadatan stadion rata-rata 96 persen. Indonesia hanya kalah dari Inggris yang menduduki peringkat pertama dengan kepadatan rata-rata stadion 99 persen dan Argentina dengan kepadatan rata-rata 97 persen.
Berikut ini daftar selengkapnya 10 Negara dengan suporter paling banyak dan fanatik di dunia beserta rata-rata kepadatan stadion dan basis suporter terbesarnya:
:
1. Inggris
Kepadatan Stadion : 99 persen
Basis Suporter : Liverpool, Manchester United, Chelsea dan Arsenal.

2. Argentina
Kepadatan Stadion : 97 persen
Basis Suporter : Boca Junior dan River Plate.

3. Indonesia
Kepadatan Stadion : 96 persen
Basis Suporter : Persib Bandung, Arema Malang, Persebaya Surabaya, PSIS Semarang, Persija Jakarta, Persipura Jayapura dan Sriwijaya FC.

4. Brazil
Kepadatan Stadion : 93 persen
Basis Suporter : Sao Paolo.

5. Italia
Kepadatan Stadion : 93 persen
Basis Suporter : Juventus, AC Milan, Inter Milan dan AS Roma.

6. Meksiko
Kepadatan Stadion : 90 persen
Basis Suporter : Chivas Guadalajara.

7. Belanda
Kepadatan Stadion : 89 persen
Basis Suporter : Ajax Amsterdam.

8. Spanyol
Kepadatan Stadion : 87 persen
Basis Suporter : Real Madrid, Barcelona, Atletico Madrid dan Valencia.

9. Jepang
Kepadatan Stadion : 86,6 persen
Basis Suporter : Gamba Osaka.

10. Jerman
Kepadatan Stadion : 85 persen
Basis Suporter : Bayern Muenchen dan Hertha Berlin.

Source : berbagai sumber