10 Sungai Terpanjang Di Dunia

Menarik juga untuk mengetahui sungai apa sih yang terpanjang di dunia? Dan dimanakah keberadaanya? Sempat terjadi simpang siur tentang sungai manakah yang menjadi terpanjang di dunia, terutama perbandingan antara Sungai Nil di Afrìka dan Sungai Amazon di Amerika Selatan. Menurut data yang telah lama ada, sungai Nil merupakan sungai terpanjang di dunia, panjang sungai ini mencapai 6650 kilo meter. Sedangkan panjang sungai Amazon berada di posisi kedua dengan panjang 6.400 kilo meter. Namun ada kabar menurut penelitian terbaru yang memperkirakan bahwa sungai Amazon lebih panjang dari sungai Nil, namun sekali lagi itu baru perkiraan, jadi untuk saat ini Sungai Nil lah yang terkenal sebagaì Sungai terpanjang di dunia.

Dalam daftar 10 besar sungai terpanjang di dunia, penyebarannya nampak lebih merata dibandingkan daftar 10 gunung api tertinggi di dunia yang letaknya dominan berada di kawasan Amerika Selatan. Sungaì-sungai terpanjang di dunia tersebar merata di Benua Asia, Afrika dan Amerika.
Berikut ini daftar 10 Sungai Terpanjang di dunia beserta panjang dan letak keberadaanya:

1. Sungai Nil - Dengan Panjang 6650 km - Terletak di Afrika.
2. Sungai Amazon - dengan panjang 6400 km - terletak di Amerika Selatan.
3. Sungai Yangtze/Chang Jiang - dengan panjang 6300 km - terletak dì Cina.
4. Sungai Mississipi/Missouri - dengan panjang 6275 km - terletak di Amerika Utara.
5. Sungai Venisel/Angara/Selenga - dengan panjang 5539 km - terletak di Rusia dan Mongolia.
6. Sungai Kuning/Huang Ho - dengan panjang 5464 km - terletak di Cina.
7. Sungai Ob/Irttysh - dengan panjang 5410 km - terletak di Eropa dan Asia.
8. Sungai Kongo - dengan panjang 4700 km - terletak di Afrika.
9. Sungai Amur - dengan panjang 4444 km - terletak di Eropa dan Asia.
10. Sungai Lena - dengan panjang 4440 km - terletak di Eropa (Rusia).

Sedikit tambahan mengenai definisi sungai, nah apakah sungai itu? Sungai adalah jalur aliran air yang berasal darat menuju ke laut yang pada umumnya berasal dari air hujan, mata air atau lelehan salju. Air sungai biasanya memiliki rasa yang tawar dengan warna dan kandungan yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya.