Klub Peraih Gelar Treble Winner

Gelar Treble Winner tentu saja menjadi dambaan klub-klub besar Eropa yang memang sering mendapat gelar juara di salah satu kompetisi, karena akan lebih lengkap dan prestius jika sebuah klub mampu meraih gelar treble winner.
Ya treble Winner adalah julukan untuk klub yang mampu menjuarai tiga kompetisi berbeda dalam satu musim, yaitu dua kompetìsi domestik dan satu kompetisi Eropa. Klub yang pertama kali meraih treble winner adalah Glasgow Celtic dari Skotlandia. Klub ini mampu menjuarai Liga Skotlandia, piala skotlandia dan Liga Champions pada tahun 1967. Kemudian diikuti oleh dua klub asal Belanda yang sukses menjuarai liga Belanda, Piala Belanda dan Liga Champions yakni Ajax Amsterdam pada tahun 1972 dan PSV Eindhoven pada tahun1988. Klub asal Inggris, Manchester United berhasil meraih treble winner pada tahun 1999 setelah mampu meraih gelar di dua kompetisi domestik yaitu gelar juara liga Inggris dan gelar juara piala FA, dan puncaknya berhasil meraìh gelar di kompetisì eropa sebagai Juara Liga Champions Eropa. Demikian pula Barcelona pada tahun 2009 dengan meraih dua kompetisi domestik sebagai juara Liga Spanyol dan piala Raja ditambah satu gelar Eropa sebagai juara liga Champìons. Dari Italìa peraih treble winnernya adalah Inter Milan pada tahun 2010 dengan menjuarai Liga Italia, Piala Copa dan Juara liga Champions Eropa.

Tak gampang memang untuk meraih tiga gelar juara sekaligus dalam satu musim, ini terbukti dengan masih sedikitnya klub yang mampu melakukan hal tersebut. Sejauh ini baru ada enam klub yang pernah merasakan treble Winner atau raihan tiga gelar sekaligus dalam satu musim.
Klub kuat legendaris seperti Liverpool, Real Madrid, Juventus dan AC Milan pun belum pernah merasakan gelar treble Winner, padahal reputasi klub-klub itu sangatlah hebat dengan banyaknya koleksi gelar yang didapatnya.

inilah daftar klub-klub peraih treble winner diurut berdasarkan tahun yang lebih awal :

1. Glasgow Celtìc dari Skotlandia, pada tahun 1967.
2. Ajax Amsterdam dari Belanda, pada tahun 1972.
3. PSV Eindhoven dari Belanda, pada tahun 1988.
4. Manchester United dari Inggris, pada tahun 1999.
5. Barcelona dari Spanyol, pada tahun 2009.
6. Inter Milan dari Italia, pada tahun 2010.